Ticker

6/recent/ticker-posts

Advertisement

Diskominfotik Provinsi Bengkulu Komitmen Optimalkan Keterbukaan Informasi Publik

Bens Indonesia, Banjarmasin– Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Bengkulu bersama Komisi Informasi (KI) Provinsi Bengkulu menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Ke-15 Komisi Informasi Pusat se-Indonesia yang diselenggarakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (11/06/24). Acara ini berlangsung selama empat hari, mulai 10 hingga 13 Juni 2024, dan dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan.

Dengan tema "Keterbukaan Informasi Publik dalam Penyelenggaraan Negara menuju Indonesia Emas 2045", Rakor ini dihadiri oleh Ketua Komisi Informasi Pusat beserta jajarannya, Wakil Ketua DPR RI, Karo Humas Mabes Polri, Ketua Umum KADIN, Ketua PWI, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang memberikan sambutannya melalui video tapping.

Sekretaris Diskominfotik Provinsi Bengkulu, Adha Risman menyatakan, bahwa partisipasi Diskominfotik dalam Rakor ini menunjukkan komitmen Pemerintah Provinsi Bengkulu dan KIP Bengkulu dalam mengedepankan keterbukaan informasi publik, terutama terkait kinerja pemerintah daerah. "Kehadiran kami di sini menegaskan keseriusan kami terhadap keterbukaan informasi publik," ujarnya.

Diskominfotik Provinsi Bengkulu berperan aktif sebagai Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) utama dan terus memperkuat koordinasi dengan seluruh entitas di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu, termasuk SKPD dan UPTD pelayanan publik. 

"Kami berupaya maksimal untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan pelayanan publik kepada masyarakat," tambah Adha.

Selain itu, Rakor ini juga diisi dengan penandatanganan MoU antara KIP dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), sebagai langkah strategis untuk meningkatkan keterbukaan informasi di Indonesia. Peserta Rakor terdiri dari unsur Komisi Informasi Daerah dan Diskominfotik se-Indonesia.

Penyelenggaraan Rakor mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan sambutan hangat dari Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, yang menjamu para tamu Rakor dengan Gala Dinner di Rumah Dinas Gubernur pada malam pertama penyelenggaraan.

Rakor ini merupakan yang pertama dilaksanakan sebelum digelarnya Rapat Teknis yang akan memberikan rekomendasi untuk bahan pengambilan kebijakan di masa mendatang. Dengan adanya Rakor ini, diharapkan keterbukaan informasi publik di Indonesia semakin optimal, menuju penyelenggaraan negara yang lebih transparan dan akuntabel.[Hsn]

Posting Komentar

0 Komentar