Ticker

6/recent/ticker-posts

Advertisement

Keindahan Danau Suro Manggi Pernah Sabet Juara II Nasional

Bens Indonesia, Rejang Lebong - Siapa sangka, mulanya Embung di Desa Purwodadi, Kecamatan Bermani Ulu, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, yang dijadikan sebagai cadangan air ketika musim kemarau oleh warga desa setempat untuk mengaliri lahan persawahan, kini mampu disulap menjadi objek wisata yang begitu indah nan cantik.

Keindahan Embung yang ditata oleh Pemerintah Desa setempat, menjadi Danau Suro Manggi, saat ini telah menjadi sumber pendapatan baru bagi Desa Purwodadi, dan pernah menyabet Juara 2 tingkat Nasional embung desa yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa pada tahun 2019 lalu.

"Ide awal mempercantik embung untuk menjadi objek wisata, dari keinginan dan kesepakatan warga desa pada tahun 2016 lalu. Dan pada tahun 2018, Embung yang diberi nama Danau Suro Manggi itu, mulai dikomersilkan sebagai objek wisata bagi wisatawan yang ingin berkunjung," papar Kepala Desa Purwodadi, Riady.

Kepala Desa Purwodadi, Riady.
Sambung Riady, rencananya tahun ini Danau Suro Manggi bakal kembali ikut serta dalam perlombaan tingkat nasional sebagai Desa Wisata.

Diatas lahan seluas dua hektar itu, Danau Suro Manggi pula dilengkapi wahana permainan seperti bebek-bebekan, dan perahu untuk mengelilingi danau. Dengan harga tiket masuk (HTM) hanya Rp5000 bagi orang dewasa, dan gratis bagi anak-anak.

"Warga sangat bersyukur dengan adanya wisata danau Suro Manggi ini, karena untuk pengelola wisata ini sendiri kita memperdayakan Karang Taruna. Sekarang, anggota karang taruna sudah mendapat penghasilan tambahan dari pengelolaan Danau Suro Manggi. Alhamdulillah 6 bulan terakhir ini, Desa sudah mendapatkan pemasukan senilai Rp8 juta dari 30 persen omset yang telah disepakati,” jelas Riady. [BN1]



Posting Komentar

0 Komentar